Sabtu, 15 Desember 2012

ISTILAH MEDIS


ABJ (Angka Bebas Jentik) Larva Free Index : Persentase rumah dan atau tempat umum yang tidak ditemukan jentik pada pemeriksaan jentik.
Abortus (Abortion)                                             : Kematian bayi dalam kandungan dengan umur kehamilan kurang dari 20 minggu. Berdasarkan  penyebabnya  terdapat  dua macam  abortus yaitu   abortus  disengaja (induced  abortion) dan  tidak  disengaja (spontaneous abortion).
ABT (Anggaran Biaya Tambahan)              : Alokasi tambahan dalam APBN tahun berjalan yang bersifat mendesak.
ACD (Active Case Detection)                          :  Upaya penemuan penderita malaria oleh petugas malaria desa/petugas kesehatan  yang dilakukan secara  aktif  dengan  mengunjungi  pasien dengan keluhan panas/gejala malaria dan memeriksa darahnya.
ACT (Artemisinin Combination Therapy  :Pengobatan malaria dengan kombinasi obat Artemeter dan Amodiakuin
Adherence                                                             :Keterlibatan penuh pasien dalam penyembuhandirinya baik melalui kepatuhan atas instruksi yang diberikan untuk terapi, maupun dalam ketaatan melaksanakan anjuran lain dalam mendukung terapi.
ADSnet (ASEAN-Disease-Surveillance.net) : Website yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pertukaran informasi yang terkait dengan penyakit menular, menyediakan komunikasi tanpa batas wilayah antara individu-individu dan lembaga-lembaga, dan telah disepakati   pada  acuan  kerja  di  Regional  action Conference for Surveillance and response: Infectious Disease Outbreaks in Southeast Asia, yang diselenggarakan di Bali pada 11-15 September 2000. (Host dari website disepakati dikoordinasi oleh Depkes RI (Sumber: www.Asean-Disease-surveillance.net)
AFP (Acute Flaccid Paralysis)/Lumpuh layuh mendadak: Gejala lumpuh yang terjadi secara cepat (mendadak atau akut), dengan sifat  kelumpuhannya adalah lemas (layuh atau paralitik) yang tidak disebabkan oleh ruda paksa. Sifat akut diartikan dengan lama waktu mulai sakit demam, pilek sampai dengan lumpuh berlangsung cepat berkisar  antara 1-14 hari. Penemuan kasus lumpuh layuh mendadak pada anak usia <15 tahun ditujukan untuk membuktikan ada tidaknya Virus Polio Liar di Indonesia dalam rangka eradikasi polio (ERAPO).
AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) : Kumpulan   berbagai   gejala   menurunnya  kekebalan   tubuh   yang disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus).
Airborne Precautions (kewaspadaan penularan lewat udara) : Bertujuan untuk menurunkan   penulara penyakimelalui   udara (airborne droplet nuclei, ukuran 5 pm atau lebih kecil) atau partikel debu yang berisi agen infeksi.
AKG = Angka Kecukupan Gizi              :  Suatu  batasan  angka  kecukupan  zat  gizi  termasuk  energi,  protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan seseorang per hari menurut jenis kelamin dan kelompok umur.


AKI (Angka Kematian Ibu)                      :  Jumlah kematian ibu akibat dari proses kehamilan, persalinan dan paska persalinan per 100.000 kelahiran hidup pada masa tertentu.
Angka pengukuran risiko kematian wanita yang berkaitan dengan peristiwa kehamilan. Kematian ibu adalah kematian wanita dalam masa  kehamilan, persalinan dan dalam masa 42 hari (6 minggu) setelah  berakhirnya kehamilan tanpa memandang usia kehamilan maupun   tempat   melekatnya  janin,  oleh  sebab  apa  pun  yang berkaitan  dengan  atau  diperberat oleh kehamilan atau pengelolaannya, bukan akibat  kecelakaan.    Kematian ibu dikelompokkan  menjadi:
kematian  sebagai  akibat  langsung kasus kebidanan dan kematian sebagai akibat tidak langsung kasus   kebidanan  yang disebabkan penyakit  yang  sudah  ada sebelumnya,  atau penyakit  yang  timbul selama  kehamilan  dan bukan  akibat  langsung  kasus  kebidanan,  tetapi  diperberat oleh pengaruh  fisiologi   kehamilan.  Kematian  wanita  hamil  akibat kecelakaan (misalnya kecelakaan mobil) tidak digolongkan sebagai kematian ibu.
Akseptor KB (peserta keluarga berencana) = Family Planning Participant : Pasangan usia subur di mana salah seorang menggunakan salah satu cara/alat kontrasepsi untuk tujuan pencegahan kehamilan, baik melalui program maupun non program.
Akseptor KB Aktif = Current user = CU : Akseptor yang pada saat ini memakai kontrasepsi untuk menjarangkan kehamilan atau yang mengakhiri kesuburan
Akseptor baru                                  :Pasangan usia subur yang baru pertama kali menggunakan salah satu cara/alat kontrasepsi dan/atau  pasangan usia subur yang menggunakan kembali salah satu cara/alat kontrasepsi setelah mereka berakhir masa kehamilannya (baik kehamilan yang berakhir dengan keguguran, lahir mati ataupun lahir hidup).
Aktifitas fisik                                             :Setiap  gerakan  tubuh  yang  meningkatkan  pengeluaratenagdan energi (pembakaran kalori)
(Sumber:  Pedoman  Upaya  KesehataOlahraga  di  Puskesmas. Departemen Kesehatan RI Ditjen Bina Kesmas tahun 2004)
Alat kesehatan                                              :Instrumen  Aparatus,  mesin,  implan  yang  tidak mengandung obat yang    digunakan        untuk           mencegah,               mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan  penyakit, merawat  orang sakit  serta pemulihan kesehatan pada manusia, dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh. (Sumber: UU No.23/1992 ttg kesehatan)
Bahan,   instrumen,   aparatus,   mesin,   alat   untuk  ditanamkan, reagens/produk diagnostik invitro atau barang lain yang sejenis atau  terkait  termasuk komponen,  bagian  dan  perlengkapannya yang;
·   Disebut   dalam   Farmakope   Indonesia,   Ekstra  Farmakope Indonesia dan formularium Nasional atau suplemennya dan atau;
·   Digunakan  untuk   mendiagnosa  penyakit,   menyembuhkan, merawat, memulihkan, meringankan atau mencegah penyakit pada manusia dan atau;
·   Dimaksudkan untuk mempengaruhi struktur dan fungsi tubuh manusia dan atau;
·   Dimaksud untuk menopang atau menunjang hidup atau mati
·   Dimaksud untuk mencegah kehamilan dan atau;
·    Dimaksud untuk penyucihamaan alat kesehatan dan atau;
·   Dimaksudkan  untuk  mendiagnosa  kondisi bukan  penyakit yang dalam mencapai tujuan utamanya
·   Memberi   informasi   untuk   maksud  medis   dengan   cara pengujian invitro  terhadap  spesimen  yang  dikeluarkan  dan tubuh manusia
·   Dan  tidak  mencapai  target  dalam  tubuh manusia  secara farmakologis,  imunologis   atau   cara   metabolisme  tetapi mungkin membantu fungsi tersebut
·   Digunakan,  diakui  sebagai  alat   kesehatan  sesuai  dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Sumber:    Permenkes   No.    1184/Menkkes/Per/2004  tentang Pengamanan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga)
AMI = Annual Malaria Incidence :              Jumlah penderita malaria klinis per 1000 penduduk dalam satu wilayah.
AMP-KB = Audit Medik Pelayanan Keluarga Berencana : Suatu proses kajian kasus medik KB yang sistematis dan kritis dari komplikasi, kegagalan penggunaan alat/obat kontrasepsi (alokon) serta penatalaksanaannya  dengan  memanfaatkan data  dan  informasi  yang terkait,  sehingga   teridentifikasi   berbagai faktor  penyebab  serta memperoleh  solusi perbaikan dan disepakatinya jenis intervensi yang diperlukan sebagai kegiatan tindak lanjut.
Analisis Gender                                           :Kajian  terhadap  perbedaan  dan  kesenjangan peran  laki-laki  dan perempuan, ketidakseimbangan  kekuasaan  dalam  hubungan  mereka, hambatan dan kesempatan serta dampak perbedaan tersebut terhadap kehidupan mereka.
Alur Analisis Gender = Gender Analysis Pathways(GAP) :
Metoda analisis  gender  yang  dikembangkan untuk  mengidentifikasi adanya ketimpangan gender serta mengembangkan indikator dan tujuan yang sensitif gender dalam program pembangunan.
Anemia                                                         :Adalah  suatu  keadaan  dimana  kadar  hemoglobin (Hb)  dalam  darah kurang dari normal, yang berbeda untuk setiap kelompok umur dan jenis kelamin yaitu :
Anemia defisiensi besi = anemia gizi besi (AGB): Anemia  yang  disebabkan  karena  kekurangan  zat  besi.  Pemeriksaan laboratorium: Hb < dari standar dan konsentrasi serum feritin < 12mcq/dl (Sumber: Pedoman Penanggulangan Anemi Gizi untuk remaja putri dan WUS)
Anemia hemolitik                                       :   Anemia yang disebabkan karena pecahnya sel darah merah lebih cepat dari  umur  regenerasi  sel darah  merah.  Pada  penderita  malaria  dan
thalasemia pada umumnya terjadi karena hemolitik.
(Sumber : Pedoman Penanggulangan Anemi Gizi untuk remaja putri dan WUS)


Angka Beban Tanggungan = Dependency ratio :Angka yang menyatakan perbandingan antara banyaknya orang yang tidak produktif (umur di bawah 15 tahun dan 65 tahun ke atas) dengan banyaknya orang yang termasuk usia produktif (umur 15-64 tahun)
Angka Kematian Neonatal = Neonatal Mortality Rate :
Jumlah kematian bayi di bawah usia 28 hari per 1000 kelahiran hidup pada masa tertentu (biasanya 1 tahun)
Angka Kelahiran Kasar = Crude Birth Rate = CBR : Jumlah kelahiran selama 1 tahun tiap 1000 penduduk.
Angka Kelahiran Umum = General Fertility Rate = GFR : Banyaknya kelahiran tiap seribu wanita yang berumur 15-49 tahun
Angka Kelahiran menurut Kelompok Umur = Age Specific Fertility Rate = ASFR :  Banyaknya kelahiran tiap seribu wanita pada kelompok umur tertentu.
Angka Kematian Balita                               :Banyaknya kematian anak berumur di     bawah lima tahun per 1000 Balita dalam satu tahun.
Angka Kematian Bayi = Infant Mortality Rate = IMR : Banyaknya kematian bayi berumur di bawah satu tahun per 1000 kelahiran hidup dalam satu tahun.
Angka Kematian Ibu = Maternal Mortality Rate = MMR : Lihat AKI
Angka Kematian Kasar /Crude Death Rate (CDR)  :Banyaknya kematian selama satu tahun tiap seribu penduduk.
Angka Kematian Menurut Umur /Age Specific Death Rate (ASDR) : Banyakny kematian  pada   kelompo umur   tertentu   per   seribu penduduk dalam kelompok umur yang sama.
Angka fertilitas total =Total Fertility Rate : Taksiran jumlah total anak yang dilahirkan oleh 1000 wanita bila para wanita  tersebut secara terus menerus hamil pada saat mereka berada
dalam tingkat fertilitas menurut usia mereka pada saat sekarang. Angka ini  dapat menjawab pertanyaan: Berapa  rata-rata jumlah anak yang dapat dilahirkan seorang wanita selama masa hidupnya.
Antenatal care = Pelayanan antenatal :       Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga profesional   kepada ibu   selama  masa kehamilannya  sesuai  dengan  standar  pelayanan antenatal  seperti ditetapkan dalam buku pedoman pelayanan antenatal bagi  petugas  Puskesmas.  Dalam  penerapan  operasionalnya dikenal standar minimal 5T yaitu Timbang berat badan, (ukur)Tekanan darah, (imunisasi) Tetanus Toksoid  lengkap, dan (pemberian) Tablet zat besi minimal 90 tablet selama kehamilan.
Anthraks                                                      :Penyakit  infeksi  karena  bakteri  Bacillus  anthracis yang  umumnya menjangkit ternak, dapat menular kepada manusia dan pada kulit menimbulkan semacam bisul yang khas.
Sebagian besar kasus anthraks ditemukan dalam bentuk anthraks kulit, bentuk lain yang jarang adalah anthraks paru, anthraks saluran cerna dan anthraks meningitis.
Antropometri                                      :    Secara  umum  artinya  ukuran  tubuh  manusia.
Ditinjau  dari  sudut pandang  gizi maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi



AOP = Akademi Ortotik Prostetik      : Pendidikan    Kesehatan    tingkat    Akademi    dengan    kekhususan mempelajari bidang Ortotik Prostetik
AOT = Akademi Okupasi Terapi         :  Pendidikan    Kesehatan    tingkat    Akademi    dengan    kekhususan mempelajari bidang Okupasi Terapi.
Aerobik                                                    :   olahraga yang dilakukan secara terus-menerus dimana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi tubuh.
Akomodasi                                                  : kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis.
Alveolus (tunggal, jamak alveoli)               :  kantung-kantung sangat kecil dan berdinding sangat tipis yang terdapat pada paru-paru dan berfungsi untuk pertukaran gas pernafasan.
Anaerabik                                              :     olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh. Misalnya : Angkat besi, lari sprint 100 M, tenis lapangan, bulu tangkis.
B
Bakal vitamin D (provitamin D)               : zat-zat gizi yang terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan, telur, dan hati yang akan diubah oleh sinar matahari menjadi vitamin D.
Bugar                                                         : kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan fisik dan mental yang berlebihan.









C
Cairan sendi (sinovial)                           : cairan agak kental dan bening yang terdapat dalam sendi gerak dan berperan sebagai pelumas sendi.
Chyme atau kim                                        : makanan setelah melewati lambung menjadi bentuk bubur makanan.
Denyut Nadi Maksimal (DNM)            :denyut nadi maksimal yang dihitung berdasarkan rumus: DNM = 220 – UMUR Daya tahan tubuh (endurence).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar